Powered By Blogger

Selasa, 22 Desember 2015

Sekelumit di Serang Kota

Kota Serang adalah ibu kota Provinsi Banten, Indonesia. Kota ini berada di bagian utara Provinsi Banten, serta dikelilingi oleh Kabupaten Serang di sebelah selatan, barat, dan timur, dan Laut Jawa di sebelah utara. Kota Serang dilintasi jalan tol lintas Jakarta-Merak. Liputan mengenai Kota ini (Banten Lama) sudah pernah dibahas di postingan sebelemnya, silahkan lihat di MENU).






Peta Kota Serang


 Malam di Alun-alun Kota Serang


Alun-alun Kota


Pecak Bandeng...Yummmyyy

Rabeg



Rabeg adalah semacam semur yang memakai daging kambing dan bumbunya agak pedas dan ada juga beberapa rabeg yang isinya jeroan kambing. Beberapa warung makan yang jual masakan ini diantaranya ada di Magersari, Pasar Lama, Sempu, dan Cipare.

Sate bandeng
Sate bandeng ini biasanya jadi oleh-oleh khas Serang. Bahan untuk membuat sate bandeng ini salah satunya adalah santan kental yang membuat rasanya asin-manis-gurih. beberapa tempat yang menjual sate bandeng diantaranya adalah kios-kios pinggir jalan sekitar gerbang tol Serang Timur. Selain itu sate ini bisa ditemukan di Karundang, di jalan Serang-Pandeglang.

Nasi sumsum
Masakan ini semacam nasi bakar, tapi sebelum dibakar nasinya dibumbui dulu dengan daun salam, sereh, cabe, dan bawang, serta sumsum. Sumsum yang dipake biasanya adalah sumsum kerbau karena jika memakai sumsum sapi maka jika terkena panas akan meleleh. Biasanya makanan ini dimakan memakai sambel kacang dan otak-otak ikan. Tempat-tempat yang menjual ada di seberang Polres Serang, Pasar Lama, dan perempatan Pisang Mas.

Sambel burog
Sambel burog adalah semacam sayur yang bahan utamanya adalah kulit melinjo atau kulit tangkil yang berwarna merah. Kulit tangkil diiris tipis-tipis, dimasak dengan santan, asam jawa (kadang-kadang belimbing wuluh), cabe merah, bawang merah, bawang putih, dan daun salam. Penampakannya mirip dengan sambal yang irisan cabenya kasar-kasar. Makanan ini mempunyai rasa pedas-asem, dan cocok dimakan memakai ketupat dan kuah opor.

Angeun lada
Angeun lada adalah sayur rebung/bambu berkuah dan aromanya mirip dengan bau walang sangit.

Ayam bakar bekakak
Ayam bakar ini memiliki rasa pedas asam, tidak seperti ayam bakar kebanyakan yang berbumbu manis kecap. Beberapa rumah makan yang memiliki menu ini adalah RM Damai di Cimuncang.

Godog uyah asem dan empal daging
Makanan semacam gulai yang berisi daging sapi, babat atau usus dan memiliki kuah yang mempunyai rasa asam-asin-pedas. Biasanya makanan ini dijadikan lauk untuk nasi uduk serta dihidangkan dengan emping. Biasanya makan ini bisa dicari di sepanjang jalan di Magersari atau kaki-kaki lima di Pasar Lama.




Bagi temen temen warga kota Bandung pasti sudah tidak asing mendengar nama Warung Upnormal. Warung Upnormal merupakan salah satu tempat nongkrongnya anak muda di Bandung. Kafe yang dinamakan warung ini mirip mirip dengan Madtari. Mengapa? Karena yang disajikan tidak jauh berbeda. Ada makanan seperti indomie goreng, rebus, minuman, dan roti bakar.


Ternyata di Serang juga dibuka lho. Warung Upnormal telah hadir di kota Serang. Yah, semakin mewarnai indahnya kota Serang ini. Hahaha. Letaknya ada di sebelah Seafood Jaya 21 Serang, di Jl. Veteran no. 12 Serang. Tidak jauh kok dari alun alun kota Serang. Kalau pengen lebih jelas lagi, Warung Upnormal Serang ini berada di depan Masjid Agung Serang silahkan dating dan nyobain sendiri.


Ok itulah sekelumit tentang Serang dan liputannya yang kesekian kalinya, selamat mencoba...


Salam,


MN@2015

Tidak ada komentar:

Posting Komentar