Powered By Blogger

Jumat, 18 November 2011

Road To Lampung Barat (Via Bandar Jaya-Liwa,Krui,Sedayu)

Lampung Barat.....
sudah lama kami berencana mengunjungi nya akhirnya.....
here we go....
perjalanan ini belum lama kami lakukan,indah bukan main alamnya....entah berapa kali kami berhenti hanya untuk berfoto karena indahnya alam yang kami lintasi....Lampung..Lampung...sayang banyak yang gak tau potensinya yang begitu besar...atau jangan jangan tau tapi malas mengunjunginya karena akses dan fasilitas yang kurang mendukung..?
Ayolah promosikan Lampung ini...Indah Kok....
salah satunya ya ini Lampung Barat....

Perjalanan di mulai,nih dia view jalan lintas sumatera
lancar kan lebih lancar dari Tol Jagorawi atau Cipularang..yang padat merayap,udah bayar macetnya sama....(hahahhahahaha)

Berhenti sejenak di Bandar Jaya..pose dulu di tugu Kopiah yang di bangun Mantan Bupati Lampung Tengah Andy Achmad Sampurna Jaya

Cantik ibukota lampung tengah ini...dan saya bangga jika icon icon seperti ini di lestarikan sebagai citra penduduk Lampung.
Jika di bagian awal saya katakan Menara siger,maka harus sedikit saya jelaskan disini,Siger itu Tutup kepala Mempelai wanita pengantin lampung,gambarnya ya seperti menara siger itu,dan foto yang diatas ini kopiah yaitu tutup kepala mempelai pria pengantin Lampung,diLampung sendiri ada slogan Sai Bumi Ruwa Jurai artinya Satu Bumi dua adat,yang pertama adat Pepadun cirinya tinggal di tengah pulau Lampung(Bukan daerah pesisir pantai),juga sigernya beruas 9 buah,yang kedua Sai batin adalah masyarakat Lampung yang umumnya tinggal di pesisir dan jumlah ruas pada sigernya 7 buah,jadi itulah yang di maksud Sai Bumi Ruwa Jurai,
seperti yang dikatakan Gubernur kebanggaan kami Sjachroedin ZP ; Sai Bumi Ruwa Jurai itu artinya bukan satu bumi 2 masyarakat yang terdiri asli dan pendatang,tapi artinya seperti yang saya jelaskan tadi,jadi siapapun kamu ketika kamu sudah tinggal di Prov.Lampung maka kamu adalah orang Lampung tinggal kamu pilih mau adat Pepadun atau Sai Batin...begitu teman.....hehehehehhe

Maghrib di Terbanggi,Lam Teng
kami masih melanjutkan perjalanan yang lumayan panjang,dari Bandar lampung ke Liwa Lampung Barat menghabiskan waktu sekitar 6 - 7 jam perjalanan menggunakan mobil pribadi,tujuan utama kami adalah Danau Ranau,tapi kami berencana menginap di Liwa terlebih dahulu,

Belanja dulu di Indomaret Soekarno hatta,Kotabumi,Lampung Utara

waktu terus berjalan makin larut jam sudah menunjukan pukul 18:30 wib,persediaan rokok habis jadi mampir dulu lah di minimarket,
Udah jam 7 malam,waktunya makan....
Jam sudah menunjukan pukul 19.00 wib sudah saatnya kami makan...tadinya sih mau makan di RM Fajar Bulan,tapi saya bekal yang kami bawa,akhirnya kami berhenti di salah satu Warung di Bukit Kemuning,kebetulan penjualnya sudah pulang meja dan kursinya masih disana kami manfaatkan untuk numpang istirahat sebentar.

Melewati Sumber Jaya,Lampung Barat,jalannya berliku,tikungannya tajam kanan kiri Jurang gelap....bukit bukit terjal yang rawan longsor,makanya sedang di bangun Beronjong(Sejenis kawat pagar yang di lapisi bebatuan),
Pukul 21.00 wib kami memasuki Kawasan Sekuting Terpadu,perbatasan Sekincau dan Liwa dinginnya mantab bro...
Liwa akhirnya sampai juga di Kota ini...bbbrrrrr.....dinginya Liwa

Tugu Aro,Liwa Lampung Barat

Hotel Permata

Begitu sampai di Kota Liwa,kami berkeliling sebentar melihat keaadan sekitar,Kota yang pernah di guncang Gempa ini di 1994 ternyata sudah jauh lebih baik,dinginnya Liwa membuat AC mobil tidak berguna...kami langsung memilih Hotel Permata untuk penginapan kami malam ini,lumayan murah dengan harga terjangkau
2 Bed hanya 180 ribu rupiah,sudah termasuk TV,Breakfast,lumayanlah untuk kelas melati....
untuk yang ingin liburan kesana berikut no.telp. hotel permata 0728 - 21503,di Jl.Raya Way Mengaku,Liwa,Lampung Barat
kami tiba di Liwa tepat Pukul 21.30 wib.
sesampai di hotel kami semua langsung rebahan dan ngobrol,karena masih penasaran dengan kota ini maka kami putuskan untuk sekedar berkeliling Liwa di malam hari sambil mencari Nasi Goreng,kami melihat beberapa hotel di Kota ini,juga lihat Taman Ham Tebi,Wisma peninggalan Belanda Wisma Sindalapai bangunannya khas Belanda,

Paginya kami sudah siap untuk lanjut ke Danau Ranau,Sukau,Lampung Barat,Danau ini langsung berbatasan dengan Provinsi Sumatera Selatan dan Bengkulu,perjalanan kembali berkelok,walaupun matahari sudah tinggi tapi sungguh gak berasa panas,ini karena Liwa di naungi Gunung Pesagi dan Seminung

Rumah Penduduk sekitar masih asli banget RUMAH PANGGUNG......

inilah view perjalanan menuju Ranau,kurang lebih 1 jam dari Liwa,dengan kontur jalan yang penuh kelokan tajam mantab kawan....

dan inilah Danau Ranau yang indah itu....diPelabuhan Lumbok,Sukau
bagaimana menurutmu???  Indah Bukan?

View Ranau dari Bukit Seminung
ada juga sumber air panas di ranau ini seperti gambar di atas airnya hangat,bisa untuk berendam,masuknya pun gratis bro...
Hotel dan convention Hall,syang masih sepi peminat,mungkin promonya kurang
Lumbok Resort

Puas dari Ranau kami kembali ke Liwa untuk isi bensin,dan ya ampunnnn pom bensinnya cuma satu dan antrinyaaaa panjaaaaaaaannnggggg bgt...hahahahhahahahaha
mau cari souvenir tokonya banyak yang tutup apa boleh buat akhirnya kami lanjutkan ke arah Krui dengan harapa mencicipi bakso ikan blue marlyn..hmmmmm....dan sayangnya semuanya tutup karena saat itu sedang diadakan festival stabas di Krui....
Air terjun di Taman Nasional Bukit barisan selatan (TNBBS)
jalanan masih berkelok dan curam bro....
Tugu ikan di Krui....
sambil nunggu nasi padang pose dulu lah...
Ombak di Laut Krui...
ternyata para surfer banyak yang datang ke Krui hanya untuk latihan surfing..di Pantai Tanjung Setia.....
Mantab bro....

Perjalanan pun kami lanjutkan ke arah pulang menuju Bandar Lampung,melewati Hutan Kawasan/Hutan Lindung...sumpah Hutan sepanjang 10 km tanpa penduduk,kiri kanan hanya hutan belantara dengan habitatnya hewan satwa yang di lindungi...saya membayangkan seandainya pecah ban,mogok,ataupun habis bensin....huuuuaaaa...
dan inilah tikungan maut di Sedayu,Bengkunat,Tanggamus....tajam ya tikungannya.....kami tiba di Bandar Lampung pukul 18.30 wib....lelahnya terbayar dengan pengalaman berharga ini....mantab kawan.....
dalam benak kami masing2 sudah terfikir,besok kita cuti lagi yuk.....Hahahahahahhahahahaha......