Powered By Blogger

Selasa, 22 Desember 2015

Geliat Industri Cilegon namun minim Wisata

Kota Cilegon adalah sebuah kota di Provinsi Banten, Indonesia. Cilegon berada di ujung barat laut pulau Jawa, di tepi Selat Sunda. Kota Cilegon dikenal sebagai kota industri. Sebutan lain bagi Kota Cilegon adalah Kota Baja mengingat kota ini merupakan penghasil baja terbesar di Asia Tenggara karena sekitar 6 juta ton baja dihasilkan tiap tahunnya di Kawasan Industri Krakatau Steel, Cilegon.



Logo Kota Cilegon


Landmark Kota Cilegon





Masjid Agung Cilegon



Tidak banyak wisata yang ditawarkan Kota Industri ini, karena memang sector utama master plan kota Cilegon bukanlah Pariwisata namun Industri. beberapa tempat wisata hanyalah Wisata buatan manusia dan itupun masih teramat kurang sekali jika dibandingkan wilayah wisata yang ada di Indonesia.

Beberapa wisata yang ditawarkan sebagai berikut;




Waras Farm adalah kebun pembibitan aneka tanaman hias, tanaman pelindung dan tanaman buah seluas 10 Ha yang terletak di sebelah selatan Cilegon, Banten. Tepatnya di Jalan Lebakkayang Kp. Perigi, Cikerai Cibeber, Cilegon tepatnya pegunungan Cikerai Cilegon, sekitar 8 km dari pintu Tol Cilegon Timur lewat Jalur Lingkar Selatan, Cilegon. Tanaman lain yang juga ditanam adalah Durian, Mangga, Pepaya california, Klengkeng, Aneka Jeruk (Jeruk Wedang, Jeruk Nipis, Jeruk Bali), Albasia dan Sawo Kecik dll, juga hamparan sawah padi yang hijau. Bibit tanaman yang kami kembangkan sudah dipesan oleh intansi BUMN seperti Krakatau Stell, pemerintah kota Cilegon, pemerintah kota Serang, perusahaan Asuransi dll yang digunakan untuk penghijauan lahan dan Jalan Raya.Kami merupakan binaan PBKL (Program kemitraan dan bina lingkungan) PT. Krakatau Steel, Cilegon.








Batu Lawang
Gunung yang berada di wilayah Gerem – Merak, anda dapat melihat objek wisata berupa hamparan pegunungan granit yang memiliki bermacam-macam bentuk bebatuan sehingga membentuk semacam pintu selamat datang. Selain itu anda akan melihat hamparan pesisir barat Kota Cilegon dari Gunung Batu Lawang.

Gunung Batur
Gunung Batur terletak dikawasan kecamatan Pulomerak, dapat ditempuh sekitar 10 menit dari pusat Kota Cilegon dengan jarak ± 8 km. Adalah suatu daerah tujuan wisata Agro, yang berorentasi pada wisata minat khusus, seperti : Hiking, Camping Area, Study Flora dan Fauna, Jogging, Layang gantung atau gantole.

Krakatau Country Club
Krakatau Country Club adalah pusat rekreasi di tengah Kota Cilegon yang dikelola oleh anak perusahaan Krakatau Steel. Disini terdapat fasilitas berbagai macam kolam renang, padang golf, hotel, spa & sauna, karaoke, lapangan tennis hingga rumah makan khusus ekspatriat.


Royal Krakatau Hotel, CilegonPulau Merak Besar dan Merak Kecil
Pulau Merak Besar terletak tepat (± 500 M) didepan pelabuhan penyebrangan Merak – Bakauheni (ASDP), dengan luas areal sekitar 20 Ha. Dipulau ini terdapat Flora ( Aneka tumbuhan dan pepohonan ) dan Fauna (Kera, Ular, dan aneka Kerang ), alamnya masih asri dan tidak berpenghuni, terdapat pula bebatuan dan koral situs Tsunami Gunung Krakatau tahun 1883. Sedangkan Pulau Merak Kecil terletak ± 1 Km disebelah daya pelabuhan Merak dan dapat ditempuh ± 10 menit dengan menggunakan perahu motor. Pulau ini memiliki luas areal 4,62 Ha dan merupakan gugusan dari Pulau merak besar. Selain sebagai destinasi wisata di Kota Cilegon gugusan pulau ini juga menjadi gugus penghalang ombak laut yang melindungi Pelabuhan Merak dari terjangan ombak selat sunda.

 Soal kuliner pun hampir sama dengan wisatanya, Cilegon lebih banyak mengadopsi Serang, sebut saja olahan - olahan ketan seperti Jipang dll.


Bandeng adalah kuliner andalan Provinsi Banten, sama halnya dengan Cilegon.



Menikmati Java Beer (Bir Jawa-campuran gula dan Jahe + susu), Angkringan Serdang, Cilegon, Banten






Krakatau Industrial Estate Cilegon (KIEC) - Cilegon, Banten

Pada akhirnya saya tidak merekomendasikan Cilegon sebagai tujuan wisata anda.





Salam,

MN@2015



Tidak ada komentar:

Posting Komentar